Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan
soal cerita materi pecahan di kelas VII SMP Tarbiyah Islamiyah T.P 2017/2018.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian
ini adalah siswa VII SMP Tarbiyah Islamiyah 24 siswa. Sedangkan objek
penelitian ini adalah kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi
pecahan. Data didapat dengan menggunakan tes berbentuk soal cerita sebaganyak
5 soal. Untuk menelusuri kesalahan lebih dalam dan mencari penyebab terjadinya
kesalahan, dilakukan wawancara mendalam dengan beberapa siswa yang
melakukan kesalahan dalam menjawab soal. Analisis kesalahan ini memberikan
kesimpulan bahwa kesalahan-kesalahan yang dialami siswa kelas VII SMP
Tarbiyah Islamiyah dalam menyelesaikan soal cerita yaitu terletak pada: 1)
kesalahan memahami soal, meliputi: kesalahan menuliskan apa yang diketahui
dan ditanyakan, dan kesalahan membaca petunjuk soal sekitar (20,8%); 2)
kesalahan memodelkan atau strategi meliputi: kesalahan konsep yang berkaitan,
kesalahan memilih rumus dan operasi, kesalahan prinsip sekitar (20,8%); 3)
kesalahan menyelesaikan model, yaitu kesalahan operasi dan kalkulasi
matematika yang berkaitan sekitar (20,8%), dan; 4) kesalahan menarik
kesimpulan secara kontekstual sekitar (20,8%). Peneliti menyimpulkan bahwa
tingkat kesalahan yang dilakukan siswa SMP Tarbiyah Islamiyah dalam
menyelesaiakn soal matematika dalam bentuk cerita materi pecahan masih
tergolong rendah.