Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Apakah ada pengaruh model
pembelajaran Missouri Mathematics Project terhadap kemampuan pemecahan
masalah matematika pada siswa SMP Al-Hidayah Medan T.P 2017/2018? (2) Berapa
persen pengaruh pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project
terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa SMP Al-Hidayah
Medan T.P 2017/2018 ? Penelitian ini bertujuan :(1) Untuk mengetahui apakah ada
pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project terhadap kemampuan
pemecahan masalah matematika pada siswa SMP Al-Hidayah Medan T.P 2017/2018?
(2) Untuk mengetahui berapa persen pengaruh pengaruh model pembelajaran
Missouri Mathematics Project terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika
pada siswa SMP Al-Hidayah Medan T.P 2017/2018 ? Penelitian ini termasuk dalam
eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian adalah One-Group
Pretest-Posttest Design dengan menggunakan model pembelajaran Missouri
Mathematics Project pada kelas eksperimen dan menggunakan metode Konvensional
pada kelas kontrol. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP AlHidayah
semester genap T.P 2017/2018 yang berjumlah 60 siswa, sedangkan yang
menjadi sampel untuk kelas eksperimen 30 siswa di kelas VIII-C sedangkan untuk di
kelas kontrol 30 siswa di kelas VIII-B. Teknik pengumpulan data menggunakan tes
yaitu tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Teknik analisis data menggunakan uji
prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis. Dan hasil yang
diperoleh dalam penelitian dengan menggunakan uji hipotesis (uji-t) yaitu harga
thitung = 3,483 setelah dibandingkan dengan ttabel = 1,832, ternyata thitung (3,483) > ttabel
(1,832) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti ada pengaruh model
pembelajaran Missouri Mathemtics Project terhadap kemampuan pemecahan masalah
matematika pada siswa kelas VIII SMP Al-Hidayah Medan T.P 2017/2018 dengan
pengaruh sebesar 51,86 %.