Research Repository

Pengembangan Alat Peraga Berbasis Model Examples Non Examples di Kelas VIII MTs Negeri 2 Medan T.P 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Sinaga, Ririn Ayu Novella
dc.date.accessioned 2020-11-11T06:40:28Z
dc.date.available 2020-11-11T06:40:28Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10329
dc.description.abstract Alat peraga adalah suatu benda konkret yang dapat membantu siswa pada umumnya dalam memahami setiap pembelajaran. Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan bersama kepala sekolah dan guru kelas VIII di MTs Negeri 2 Medan menyatakan, bahwa mengalami keterbatasaan dalam menyediakan alat peraga untuk membantu siswa yang mengalami lambat belajar pada kelas VIII dalam memahami konsep dasar relasi dan fungsi. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan alat peraga papan relasi dan fungsi untuk siswa dengan kualitas baik. Pengembangan alat peraga papan relasi dan fungsi dilakukan melalui model pengembangan 4-D, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Karena keterbatasan peneliti, penelitian dilakukan hingga tahap develop. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Medan. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas alat peraga yang dikembangkan adalah lembar penilaian RPP, Bahan Ajar, Media dan Tes untuk mengukur kevalidan. Pada tahap pengembangan ini telah dihasilkan alat peraga berbasis model pembelajaran tipe examples non examples pada materi relasi dan fungsi untuk siswa kelas VIII MTs. Kualitas kevalidan alat peraga memenuhi kriteria valid berdasarkan skor rata-rata RPP yaitu 4,5 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria sangat baik, skor rata-rata Bahan Ajar yaitu 4,4 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria baik, skor rata-rata Media yaitu 4,3 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria baik dan Skor rata-rata Tes yaitu 4,6 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria sangat baik. Kualitas keefektifan alat peraga memenuhi kriteria Tuntas berdasarkan skor rata-rata ujicoba tes. Secara klasikal pada hasil ujicoba alat peraga papan relasi dan fungsi sudah memenuhi kriteria pencapaian ketuntasan. en_US
dc.subject Alat Peraga, Model Pembelajaran Tipe Examples Non examples en_US
dc.title Pengembangan Alat Peraga Berbasis Model Examples Non Examples di Kelas VIII MTs Negeri 2 Medan T.P 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account