Abstract:
Banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar matematika, penyebab
diantaranya adalah rendahnya pemahaman konsep matematis siswa. Siswa diberikan
suatu metode pembelajaran yaitu metode pembelajaran siswa aktif dengan Teknik card
sort dalam upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.
Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan pemahaman konsep
matematis siswa yang memperoleh metode pembelajaran siswa aktif dengan Teknik
card sort lebih baik, untuk mengetahui sikap siswa terhadap metode pembelajaran siswa
aktif dengan Teknik card sort ,dan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa selama
menggunakan metode pembelajaran siswa aktif dengan Teknik card sort, populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Sekolah Menengah Pertama Swasta Bandung
. Sample dari penelitian ini diambil dari satu kelas sehingga diperoleh kelas VII – 1
sebagai kelas control. Instrumen yang digunakan terdiri dari instrument tes kemampuan
pemahaman konsep matematis siswa dan lembar observasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman konsep matematis siswa yang
memperoleh metode pembelajaran siswa aktif dengan Teknik card sort lebih baik
.Siswa menunjukkan sikap yang positif terhadap metode pembelajaran siswa aktif
dengan Teknik card sort ,sertaaktivitas guru dansiswa yang selama menggunakan
metode pembelajaran siswa aktif dengan Teknik card sort berlangsung dengan baik.