Research Repository

Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Pemahaman Matematika Siswa Kelas VIII SMP Swasta Baitul Aziz dengan Menggunakan Model Pembelajaran Knisley T.P 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Simamora, Rizka Suryani
dc.date.accessioned 2020-11-11T06:15:34Z
dc.date.available 2020-11-11T06:15:34Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10309
dc.description.abstract Peneliti bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi dan pemahaman matematika siswa kelas VIII SMP Swasta Baitul Aziz dengan menggunakan model pembelajaran knisley T.P 2017/2018. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi. Tes yang digunakan adalah tes tertulis berbentuk uraian sebanyak 4 kali tes yang masing-masing terdiri dari 5 soal, 8 soal tes kemampuan komunikasi untuk siklus I dan II dan 10 soal tes pemahaman matematika siswa untuk siklus I dan II. Sementara observasi dilaksanakan untuk mengetahui keberlangsungan model pembelajaran knisley. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Swasta Baitul Aziz yang berjumlah 19 orang, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran knisley pada pembelajaran bidang studi matematika di SMP Swasta Bailtul Aziz. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa penggunaan model pembelajaran knisley dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan pemahaman matematika siswa pada pokok bahasan dalil phytagoras. Nilai rata-rata kemampuan komunikasi siswa pada tes awal adalah 30,00 untuk tes kemampuan komunikasi matematika dan 29,00 untuk tes pemahaman matematika. Setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran knisley, nilai rata-rata kemampuan komunikasi siswa pada siklus I sebesar 32,05 (cukup baik) meningkat menjadi 37,79 (baik) pada siklus II. Sedangkan rata-rata pemahaman matematika siswa pada siklus I sebesar 32,21 (cukup tinggi) meningkat menjadi 38,42 (tinggi) pada siklus II. Selanjutnya hasil rata-rata observasi kegiatan siswa siklus I adalah 8,825 (kurang aktif) dan meningkat pada siklus II menjadi 12,67 (aktif). Jadi dapat disimpulkan dengan menggunakan model pembelajaran knisley pada pokok bahasan dalil phytagoras dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan pemahaman matematika siswa kelas VIII-2 SMP Swasta Baitul Aziz T.P 2017/2018. en_US
dc.subject Knisley en_US
dc.subject Komunikasi Matematika en_US
dc.title Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Pemahaman Matematika Siswa Kelas VIII SMP Swasta Baitul Aziz dengan Menggunakan Model Pembelajaran Knisley T.P 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account