Abstract:
Peneliti bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi dan
pemahaman matematika siswa kelas VIII SMP Swasta Baitul Aziz dengan
menggunakan model pembelajaran knisley T.P 2017/2018. Instrumen penelitian
yang digunakan adalah tes dan observasi. Tes yang digunakan adalah tes tertulis
berbentuk uraian sebanyak 4 kali tes yang masing-masing terdiri dari 5 soal, 8
soal tes kemampuan komunikasi untuk siklus I dan II dan 10 soal tes pemahaman
matematika siswa untuk siklus I dan II. Sementara observasi dilaksanakan untuk
mengetahui keberlangsungan model pembelajaran knisley. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Swasta Baitul Aziz yang berjumlah
19 orang, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran
knisley pada pembelajaran bidang studi matematika di SMP Swasta Bailtul Aziz.
Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa penggunaan model pembelajaran
knisley dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan pemahaman matematika
siswa pada pokok bahasan dalil phytagoras. Nilai rata-rata kemampuan
komunikasi siswa pada tes awal adalah 30,00 untuk tes kemampuan komunikasi
matematika dan 29,00 untuk tes pemahaman matematika. Setelah dilaksanakan
pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran knisley, nilai rata-rata
kemampuan komunikasi siswa pada siklus I sebesar 32,05 (cukup baik)
meningkat menjadi 37,79 (baik) pada siklus II. Sedangkan rata-rata pemahaman
matematika siswa pada siklus I sebesar 32,21 (cukup tinggi) meningkat menjadi
38,42 (tinggi) pada siklus II. Selanjutnya hasil rata-rata observasi kegiatan siswa
siklus I adalah 8,825 (kurang aktif) dan meningkat pada siklus II menjadi 12,67
(aktif). Jadi dapat disimpulkan dengan menggunakan model pembelajaran knisley
pada pokok bahasan dalil phytagoras dapat meningkatkan kemampuan
komunikasi dan pemahaman matematika siswa kelas VIII-2 SMP Swasta Baitul
Aziz T.P 2017/2018.