Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model
pembelajaran Pair Checks dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada
siswa kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 56 Binjai T.P. 2017/2018. Tujuan dalam
penelitian yang akan dilakukan peneliti adalah untuk mengetahui apakah
penerapam model pembelajaran pair checks dapat meningkatkan hasil belajar
matematika siswa kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 56 Binjai T.P. 2017/2018.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 56
Binjai T.P. 2017/2018 yang terdiri dari 30 siswa. Objek dalam penelitian ini
adalah penerapan model pembelajaran pair checks. Teknik pengumpulan data
adalah melalui tes yang dilakukan pada saat berlangsungnya pembelajaran
matematika. Data dan tes awal tingkat ketuntasan belajar siswa ditulis dalam
bentuk tabel dan diagram. Pada tes awal tingkat ketuntasan belajar siswa secara
klasikal diperoleh 3 siswa (10,00%) yang tuntas serta 27 siswa (90,00%) yang
tidak tuntas. Pada siklus I meningkat menjadi 10 siswa (33,33%) yang tuntas,
pada siklus II meningkat lagi menjadi 17 siswa (56,67%) yang tuntas dan pada
siklus III meningkat menjadi 26 siswa (86,67%) yang tuntas. Hal ini merupakan
bahwa belajar dengan menggunakan model pembelajaran pair checks pada siswa
SMP Muhammadiyah 56 Binjai T.P. 2017/2018 berhasil ditinjau dari ketuntasan
belajar siswa. Berdasarkan data yang diperoleh maka didapat kesimpulannya yaitu
model pembelajaran pair checks dapat meningkatkan hasil belajar matematika
siswa pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 56
Binjai T.P. 2017/2018