Research Repository

Eksperimentasi Pembelajaran Matematika dengan Model Group Investigation dan Student Teams Achievement Division terhadap Hasil Belajar Pada Siswa SMK Negeri 1 Medan T.P 2017 / 2018.

Show simple item record

dc.contributor.author Rapi, Muhammad
dc.date.accessioned 2020-11-11T05:59:27Z
dc.date.available 2020-11-11T05:59:27Z
dc.date.issued 2018-01-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10293
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah hasil belajar matematika setelah menggunakan model pembelajaran Group Investigation. Untuk mengetahui bagaimanakah hasil belajar matematika setelah menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division. Untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation lebih baik daripada model pembelajaran Student Teams Achievement Division dalam pokok bahasan matriks di kelas XI SMK Negeri 1 Medan T.P 2017 / 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMK Negeri 1 Medan. Sedangkan yang menjadi sampel diambil dari teknik acak sebanyak 2 kelas, satu kelas dijadikan kelas eksperimen 1 yaitu kelas XI AP3 yang berjumlah 36 siswa dan satu kelas diambil dijadikan kelas eksperimen 2 yaitu kelas XI AK 3 yang berjumlah 38 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah: X1 = Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation. X2 = Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh nilai rata-rata di kelas eksperimen 1 adalah 67,2222. Sedangkan untuk kelas eksperimen 2 nilai rata-rata adalah 76,3158. Dan hasil analisis data, tentang perbadingan hasil belajar antara penggunaan model pembelajaran Group Investigation dan model pembelajaran Student Teams Achievement Division pada materi matriks di kelas XI SMK Negeri 1 Medan Tahun Pelajaran 2017 / 2018, diketahui bahwa hasil yang di dapat berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan perhitungan uji-t diperoleh thitung = 3,8037, setelah dibandingkan dengan harga ttabel = 3,6 ternyata thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara penggunaan model pembelajaran Group Investigation dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Division pada pokok bahasan matriks di kelas XI SMK Negeri 1 Medan Tahun Pelajaran 2017 / 2018. Maka dapat disimpulkan “bahwa hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran Group Investigation pada pokok bahasan matriks di kelas XI SMK Negeri 1 Medan Tahun Pelajaran 2017 /2018 en_US
dc.subject Model pembelajaran Group Investigation en_US
dc.subject Model pembelajaran Student Teams Achievement Division en_US
dc.subject hasil belajar en_US
dc.title Eksperimentasi Pembelajaran Matematika dengan Model Group Investigation dan Student Teams Achievement Division terhadap Hasil Belajar Pada Siswa SMK Negeri 1 Medan T.P 2017 / 2018. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account