Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu produk berupa perangkat
pembelajaran matematika dengan Pendekatan Resource based Learning untuk
model pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir sebagai upaya
meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IX. Jenis penelitian ini adalah
penelitian pengembangan. Subjek yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah ahli,
guru, dan siswa kelas IX-A SMP Negeri 42 Medan. Data penelitian dikumpulkan
melalui lembar validasi, lembar keterlaksanaan, angket, dan tes. Data yang telah
terkumpul dianalisis secara deskriptif. Perangkat pembelajaran yang
dikembangkan meliputi: bahan ajar, rencana pelaksanaan pembelajaran, silabus,
Lembar Kerja Peserta Didik, dan Media. Kualitas perangkat pembelajaran ditinjau
dari tiga aspek, yaitu validitas, kepraktisan, dan keefektivan. Validitas perangkat
pembelajaran didasarkan atas pendapat validator, kepraktisan didasarkan atas
keterlaksanaan, respons guru dan siswa, dan keefektivan didasarkan atas hasil
belajar matematika siswa. Dalam penelitian ini, tahapan yang dilakukan hanya
sampai menghasilkan produk final dan tidak dilakukan implementasi secara luas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika ini
telah valid, praktis, dan efektif yang memiliki karakteristik sebagai berikut. Buku
siswa memiliki karakteristik: (1) berorientasi pada masalah matematika realistik,
(2) disusun secara sistematis, (3) melatih kemampuan siswa dalam memecahkan
masalah matematika, dan (4) menghantarkan siswa pada penemuan kembali
konsep-konsep matematika. Buku petunjuk guru memiliki karakteristik: (1)
memberikan gambaran mangenai keruntutan materi, (2) memberikan gambaran
mengenai kegiatan pembelajaran, dan (3) dilengkapi dengan penyelesaian
tugas/latihan dan tidak lanjut. Rencana pelaksanaan pembelajaran memiliki
karakteristik: (1) disusun sesuai dengan tahapan pembelajaran dari model
pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir dan (2) mengembangkan
kemampuan berpikir matematis siswa