dc.description.abstract |
Bisnis online yang sedang berkembang pesat dan banyak digemari oleh
para pengusaha adalah bisnis kuliner online. Bisnis kuliner online merupakan
sebuah bisnis yang dapat dikelola secara mandiri atau kelompok yang berbasis
makanan atau minuman dan dipromosikan melalui media online. Media online
yang biasa dijadikan alat pr omosi untuk bisnis kuliner online tersebut adalah
media sosial. Media sosial merupakan sebuah media daring, dengan para
penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi
blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki
merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di
seluruh dunia. Oleh karena itu, penulis ingin mencari tahu lebih dalam lagi
bagaimana opini masyarakat mengenai bisnis kuliner online yang sedang
berkembang pesat di dunia sosial media. Apakah sangat membantu masyarakat
dalam melakukan pembelian makanan/minuman atau tidak. Bagaimana respon
masyarakat dengan adanya para pebisnis kuliner online tersebut. Adapun tujuan
penelitian yang dilakukan penulis adalah sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui
bagaimana opini masyarakat tentang bisnis kuliner online di Kota Medan (2)
Untuk mengetahui bagaimana kepuasan masyarakat tentang bisnis kuliner online
di Kota Medan (3) Untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang menyebabkan
masyarakat menyukai bisnis kuliner online di Kota Medan. Jenis yang dipakai
pada penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Opini masyarakat
tentang bisnis kuliner online di Kota Medan adalah positif. Masyarakat sangat
menyukai dan merasa beruntung dengan adanya bisnis kuliner online di Kota
Medan. Adanya bisnis kuliner online di Kota Medan, memberikan kemudahan
bagi masyarakat untuk membeli makanan yang mereka inginkan tanpa harus
keluar dari rumah atau lingkungan mereka. Proses pemesanan dan pengantaran
serta pembayaran yang sangat efisien, cepat dan praktis membuat bisnis kuliner
online di Kota Medan semakin berjalan dengan baik. |
en_US |