Abstract:
Analisis adalah proses merangkum sejumlah besar data yang masih mentah
menjadi informasi yang dapat di interpretasikan. Teorema phytagoras merupakan
salah satu mata pelajaran yang diajarkan kepada siswa kelas VIII MTs Ummar
Bin-Khattab sesuai dengan pedoman pendidikan yang ada di Indonesia. Namun
pada kenyataannya, banyak siswa yang kesulitan memahami materi teorema
phytagoras. Mereka masih cenderung menghafal dalam penguasaan materi tanpa
memahaminya. Mengingat hal tersebut penulis melakukan penelitian dengan judul
“Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Soal-Soal Teorema
Phytagoras Pada Siswa Kelas VIII MTs Ummar Bin-Khattab T.P 2017/2018”.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan siswa di kelas VIII. Mencari
tau kesulitan yang dialami oleh siswa kelas VIII pada materi teorema phytagoras,
dan penyebab kesulitan yang dialami oleh siswa dalam menyelesaikan soal-soal
phytagoras. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 38
orang. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis dan wawancara. Hasil
wawancara adalah : (1) materi yang sulit dipahami; (2) pemahaman konsep
phytagoras yang tergolong rendah; (3) kemampuan siswa yang masih rendah; (4)
kurangnya pengerjaan latihan soal materi phytagoras; (5) kurang luasnya wawasan
berupa contoh-contoh soal phytagoras yang masih minim diajarkan; (6) metode
penyampaian materi yang belum sesuai. Berdasarkan analisis data yang dilakukan
disimpulkan penyebab yang dialami oleh siswa antara lain karena : (1) siswa
hanya mengandalkan hafalan konsep; (2) siswa lemah terhadap pemahaman dan
terbatasnya pengetahuan terhadap phytagoras; (3) minimnya pengetahuan dan
pemahaman siswa terhadap maksud dari soal