Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya pengetahuan siswa dalam menulis pantun karena tidak adanya media pantun dalam pembelajaran yang ditandai dengan rendahnya hasil tes menulis yang tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sticky notes terhadap kemampuan menulis pantun siswa kelas VII SMP Negeri 4 Medan tahun pembelajaran 2019-2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Medan yang berjumlah 329 siswa dan tersebar dalam 10 kelas. Dalam penentuan sampel, peneliti menggunakan teknik random kelas dan terpilih kelas VII-3 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-5 berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol.
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Dan instrumen penelitian yang digunakan berupa tes esai yaitu menulis pantun. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kemampuan menulis pantun setelah perlakuan menggunakan media sticky notes memperoleh nilai rata-rata 81,66 termasuk dalam kategori baik sekali, sementara kelompok siswa yang tidak menggunakan media sticky notes memperoleh nilai rata-rata 45,33 termasuk dalam kategori kurang. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa hipotesis terbukti, melalui uji hipotesis uji t diperoleh thitung> ttabel yaitu 12,27 > 2,00. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media sticky notes terhadap kemampuan menulis pantun siswa kelas VII SMP Negeri 4 Medan tahun pembelajaran 2019-2020.