Research Repository

Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika pada siswa SMP Negeri 3 Binjai T.P 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Sofyan, Miftha Maudy
dc.date.accessioned 2020-11-11T05:41:47Z
dc.date.available 2020-11-11T05:41:47Z
dc.date.issued 2018-03-18
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10276
dc.description.abstract Tujuan dalam pembelajaran yang dilakukan (1) mengetahui bagaimana peningkatan aktivitas belajar matematika pada siswa SMP Negeri 3 Binjai T.P 2017/2018 dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray (2) mengetahui apakah ada peningkatan aktivitas belajar matematika pada siswa SMP Negeri 3 Binjai T.P 2017/2018 menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-4 SMP Negeri 3 Binjai T.P 2017/2018 yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Objek penilitian ini adalah model pembelajaran Two Stay Two Stray pada materi segiempat (persegi dan persegi panjang) T.P 2017/2018. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian adalah melalui tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada siswa kelas VII-4 SMP Negeri 3 Binjai dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika. Pada siklus I mengalami peningkatan disetiap indikatornya meskipun jika dicari rata-rata dari jumlah indikator masih dalam kategori cukup dengan skor 2,34. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan kembali pada siklus II. Jumlah rata-rata setiap indikator aktivitas belajar matematika dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada siswa kelas VII-4 SMP Negeri 3 Binjai meningkat dari siklus I sebesar 2,34 menjadi 3,301 dan ada pada kategori baik. Pada tes awal ketuntasan belajar siswa secara klasikal memperoleh 37,5% dengan 12 orang tuntas dan 62,5% yaitu 20 orang tidak tuntas dan pada siklus I meningkat menjadi 65,63 % dengan 21 orang tuntas dan 34,37% atau sebanyak 11 orang tidak tuntas, kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 87,5% dengan 28 orang tuntas dan 12,5 % atau sebanyak 4 orang tidak tuntas secara klasikal. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan setelah diberikan tindakan dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray en_US
dc.subject Aktivitas Belajar en_US
dc.subject Model Pembelajaran Two Stay Two Stray en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika pada siswa SMP Negeri 3 Binjai T.P 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account