Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran PPKN Di SMP Muhammadiyah 57 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.author Sastya, Annisa
dc.date.accessioned 2020-11-11T05:36:29Z
dc.date.available 2020-11-11T05:36:29Z
dc.date.issued 2020-10
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10270
dc.description.abstract Permasalahan penelitian ini adalah, Kurangnya Penggunaan Model pembelajaran yang menarik dan terkesan monoton. Siswa menjadi kurang kreatif dan terhambatnya pengembangan ide dalam pikiran setiap siswa/siswi. Kurangnya pengembangan aktivitas belajar yang melibatkan siswa lebih berpatisipasi sehingga hasil belajar siswa menjadi kurang optimal. Pembelajaran hanya terpaku pada buku pelajaran. Masih banyaknya siswa/siswi yang mengobrol ketika kegiatan belajar berlangsung disebabkan siswa hanya sekedar menerima ilmu tetapi kurang diarahkan untuk berpikir kreatif. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh model CTL terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP dalam mata pelajaran PPKn di SMP Muhammadiyah 57 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020”. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen semu (quasi eksperimen). Dengan ini populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 57 Medan yang berjumlah 57 orang yang terdiri dari kelas VII A dengan jumlah 29 orang dan kelas VII B berjumlah 28 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dimana non probability sampling merupakan teknik pengambilan sampel yang tidak memberi peluang atau kesempatan sama bagi setiap unsur atau anggota populasi utuk dipilih menjadi anggota sampel. Jenis sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sampel jenuh, dimana sampel jenuh adalah teknik menentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai hasil. Sampel jenuh digunakan karena hasil populasi relatif kecil yaitu sebanyak 57 peserta didik. Jadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 57 responden. en_US
dc.subject Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) en_US
dc.subject Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ppkn en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran PPKN Di SMP Muhammadiyah 57 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account