Abstract:
Permasalahan penelitian ini adalah, Kurangnya Penggunaan Model
pembelajaran yang menarik dan terkesan monoton. Siswa menjadi kurang kreatif
dan terhambatnya pengembangan ide dalam pikiran setiap siswa/siswi. Kurangnya
pengembangan aktivitas belajar yang melibatkan siswa lebih berpatisipasi
sehingga hasil belajar siswa menjadi kurang optimal. Pembelajaran hanya terpaku
pada buku pelajaran. Masih banyaknya siswa/siswi yang mengobrol ketika
kegiatan belajar berlangsung disebabkan siswa hanya sekedar menerima ilmu
tetapi kurang diarahkan untuk berpikir kreatif. Tujuan penelitian ini adalah Untuk
mengetahui pengaruh model CTL terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP
dalam mata pelajaran PPKn di SMP Muhammadiyah 57 Medan Tahun Pelajaran
2019/2020”. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
metode eksperimen semu (quasi eksperimen). Dengan ini populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 57
Medan yang berjumlah 57 orang yang terdiri dari kelas VII A dengan jumlah 29
orang dan kelas VII B berjumlah 28 orang. Teknik sampling yang digunakan
dalam penelitian ini adalah non probability sampling dimana non probability
sampling merupakan teknik pengambilan sampel yang tidak memberi peluang
atau kesempatan sama bagi setiap unsur atau anggota populasi utuk dipilih
menjadi anggota sampel. Jenis sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah
sampel jenuh, dimana sampel jenuh adalah teknik menentuan sampel bila semua
anggota populasi digunakan sebagai hasil. Sampel jenuh digunakan karena hasil
populasi relatif kecil yaitu sebanyak 57 peserta didik. Jadi sampel dalam
penelitian ini sebanyak 57 responden.