Abstract:
Tujuan penelitian ini: (1) Menguji pengaruh strategi pembelajaran Brain Based
Learning dan Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa. (2) Menguji
pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa terhadap hasil belajar siswa. (3)
Menguji interaksi strategi pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap
hasil belajar siswa. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen semu.
Populasi seluruh kelas VII SMP Negeri 1 Sultan Daulat Kota Subulussalam.
Dengan sampel penelitian siswa kelas VIIA dan VIIB. Teknik pengumpulan data
dengan metode tes dan observasi. Hasil belajar siswa dengan strategi BBL nilai
rata – rata hitung 68,333 dengan jumlah siswa 30, dan Hasil belajar siswa dengan
strategi PBL nilai rata – rata hitung 57,5 dengan jumlah siswa 30. Teknik analisis
data menggunakan analisis variansi. Hasil penelitian dengan =5%. (1)
Terdapat pengaruh strategi pembelajaran Brain Based Learning dan Problem
Based Learning terhadap hasil belajar siswa. (2) Terdapat pengaruh kemampuan
berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa. (3) tidak terdapat efek interaksi strategi
pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa.