Research Repository

Penerapan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika pada Siswa SMP Swasta Bina Satria Medan T.P 2017/ 2018.

Show simple item record

dc.contributor.author Simatupang, Maisyaroh
dc.date.accessioned 2020-11-11T05:23:38Z
dc.date.available 2020-11-11T05:23:38Z
dc.date.issued 2018-03-19
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10265
dc.description.abstract Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika setelah Metode Penemuan Terbimbing di kelas VIII-1 SMP Swasta Bina Satria Medan T.P 2017/ 2018. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK ). Instrumen penelitian adalah tes dan observasi dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Swasta Bina Satria Medan T.P 2017/ 2018 yang terdiri dari 40 orang siswa. Adapun menjadi rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana aktivitas belajar matematika siswa menggunakan metode penemuan terbimbing di SMP Swasta Bina Satria Medan T.P 2017/ 2018 dan bagaimana hasil belajar matematika siswa menggunakan metode penemuan terbimbing di SMP Swasta Bina Satria Medan T.P 2017/ 2018. Hasil observasi aktivitas siswa dari dari pra siklus yang memiliki rata-rata tertinggi adalah Siswa mempersiapkan perlengkapan belajar yang dibutuhkan yaitu dengan skor 2,6 pada siklus I meningkat menjadi skor 2,7 dan pada siklus II meningkat menjadi skor 3,0. Sementara yang memiliki skor ratarata terendah pada pra siklus adalah Siswa mampu menarik kesimpulan dari materi pembelajaran yaitu dengan skor 1,0, pada siklus I meningkat menjadi skor 1,2 dan pada siklus II meningkat menjadi skor 2,7. Sehingga pada pra siklus ratarata keseluruhannya sebesar 1,9 dengan kategori cukup (C ) mengalami peningkatan pada siklus I yang rata-rata keseluruhannya 2,1 denga kategori cukup (C ) dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata keseluruhannya sebesar 2,8 dengan kategori baik (B ). Hasil penelitian pada tes pra siklus di peroleh data sebanyak 9 siswa (22,50% ) telah mencapai ketuntasan belajar dan 31 siswa (77,50% ) belum mencapai ketuntasan belajar. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I diperoleh data sebanyak 16 siswa (40,00% ) telah mencapai ketuntasan belajar dan 24 siswa (60,00% ) belum mencapai ketuntasan belajar. Sedangkan pada siklus II diperoleh data sebanyak 35 siswa (87,50% ) yang telah mencapai ketuntasan belajar dan 5 siswa (12,50% ) yan belum mencapai ketuntasan belajar. en_US
dc.subject Aktivitas Belajar en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Metode Penemuan Terbimbing. en_US
dc.title Penerapan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika pada Siswa SMP Swasta Bina Satria Medan T.P 2017/ 2018. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account