Abstract:
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada
pengaruh model pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, Kinesthetic)
terhadap motivasi belajar siswa SMP Swasta Harapan Mekar Medan Marelan T.P
2017/2018, dan Berapa persen pengaruh model pembelajaran VAK
(Visualization, Auditory, Kinesthetic) terhadap motivasi belajar siswa SMP
Swasta Harapan Mekar Medan Marelan T.P 2017/2018. Sebagai tujuan dalam
penelitian ini adalah Untuk mengetahui Apakah ada pengaruh model
pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, Kinesthetic) terhadap motivasi
belajar siswa SMP Swasta Harapan Mekar Medan Marelan T.P 2017/2018, dan
untuk mengetahui Berapa persen pengaruh model pembelajaran VAK
(Visualization, Auditory, Kinesthetic) terhadap motivasi belajar siswa SMP
Swasta Harapan Mekar Medan Marelan T.P 2017/2018. Populasi dalam
penelitian adalah siswa kelas IX SMP Swasta Harapan Mekar Medan Marelan
yang berjumlah 66 orang yaitu kelas IX-A yang berjumlah 33 orang sebagai
kelas eksperimen, dan kelas IX-B yang berjumlah 33 orang sebagai kelas
control.Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket motivasi. Teknik
analisis data menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan
uji hipotesis (uji regresi linier sederhana). Dan hasil penelitian dengan
menggunakan uji hipotesis yang menggunakan uji regresi linier sederhana
dengan bantuan spss diperoleh harga thitung sebesar 3,925 > ttabel 2,0395 sehingga
Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti dapat disimpulkan bahwa ada
pengaruh antara model pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, Kinesthetic)
terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP Swasta Harapan Mekar Medan Marelan
T.P 2017/2018.