Research Repository

Penerapan Strategi Pendekatan Metode Gal’perin Terhadaap Hasil Belajar Siswa MTs. Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung Tahun Pelajaran 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Lubis, Loria Amisah
dc.date.accessioned 2020-11-11T05:11:02Z
dc.date.available 2020-11-11T05:11:02Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10258
dc.description.abstract Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan metode Gal’perin lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan meggunakan model konvesional pada materi persegipanjang pada siswa kelas VII MTs. Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung tahun pelajaran 2017/2018. (2) Apakah pembelajaran dengan metode Gal’perin dapat diterapkan dalam memperbaiki hasil belajar matematika siswa pada materi persegipanjang pada siswa kelas VII MTs. Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung tahun pelajaran 2017/2018. Sebagai tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Apakah hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan metode Gal’perin lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan meggunakan model konvesional pada materi persegipanjang pada siswa kelas VII MTs. Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung tahun pelajaran 2017/2018. (2) Untuk mengetahui Apakah pembelajaran dengan metode Gal’perin dapat diterapkan dalam memperbaiki hasil belajar matematika siswa pada materi persegipanjang pada siswa kelas VII MTs. Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung tahun pelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs. Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung yang berjumlah 400 orang siswa yaitu 30 orang siswa kelas VII-5 sebagai kelas eksperimen dan 30 orang siswa VII-6 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yaitu tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test). Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat ( uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis. Dan hasil penelitian dengan menggunakan uji hipotesis posttest dengan Mann-Whitney nilai signifikansi adalah 0.044 < 0.05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dan untuk nilai gain antara kelas eksperimen juga lebih baik daripada kelas control, yaitu nilai gain kelas eksperimen g = 0.62 dan kelas control g = 0.57 en_US
dc.subject Hasil Belajar Matematika en_US
dc.subject Metode Gal’perin en_US
dc.title Penerapan Strategi Pendekatan Metode Gal’perin Terhadaap Hasil Belajar Siswa MTs. Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung Tahun Pelajaran 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account