Research Repository

Pengembangan RPP dan LKPD Berbasis Problem Based Learning Materi Himpunn Kelas VII SMP PAB 2 Helvetia T.P 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Zelfira, Ruri
dc.date.accessioned 2020-11-11T05:10:21Z
dc.date.available 2020-11-11T05:10:21Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10257
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui validitas, respons siswa dan keefektifan perangkat pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan metode Problem Based Learning materi himpunan pada siswa SMP PAB 2 Helvetia T.P 2017/2018. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah seorang dosen ahli, Guru Matematika, dan siswa kelas VII SMP PAB 2 Helvetia. pengembangan RPP dan LKPD Berbasis Problem Based Learning Materi Himpunan kelas VII SMP PAB 2 Helvetia T.P. 2017/2018. Model pengembangan RPP dan LKPD yang akan digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model 4-D meliputi pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Pesera Didik (LKPD) yang telah dibuat memenuhi kriteria kevalidan berdasarkan penilaian validator yang ditunjuk dengan menggunakan lembar validasi ahli. Hasil validasi RPP mencapai rata-rata 61,3 mempunyai kriteria sangat baik. Dan hasil validasi LKPD mencapai rata-rata 44,3 mempunyai kriteria sangat baik. Aspek kepraktisan berdasarkan hasil penelitian siswa memenuhi kriteria baik sedangkan Aspek kepraktisan berdasarkan hasil penelitian guru memenuhi kriteria sangat baik. Sementara itu, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Pesera Didik (LKPD) memenuhi keriteria keefektifan ditunjuk dengan adanya hasil belajar siswa yang berupa tercapainya keriteria ketuntasan belajar siswa. Untuk mengukur keefektifan RPP dan LKPD yang dikembangkan digunakan Tes Hasil Belajar yang ditinjau dari hasil belajar siswa. Tes hasil belajar dilakukan setelah siswa belajar menggunakan produk yang dikembangkan. Tes tertulis ini terdiri dari 10 soal pilihan ganda dan 3 soal uraian. Dari hasil Analisis THB diketahui presentase ketuntasan klasikal kelas VII-1 SMP PAB 2 Helvetia sebesar 81,25%. Berdasarkan hasil tersebut ketuntasan belajar mencapai kriteria baik. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan RPP dan LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi Himpunan untuk siswa SMP kelas VII layak untuk digunakan ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. en_US
dc.subject RPP en_US
dc.subject Problem Based Learning en_US
dc.title Pengembangan RPP dan LKPD Berbasis Problem Based Learning Materi Himpunn Kelas VII SMP PAB 2 Helvetia T.P 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account