Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui validitas, respons
siswa dan keefektifan perangkat pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan metode Problem Based
Learning materi himpunan pada siswa SMP PAB 2 Helvetia T.P 2017/2018.
Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah seorang dosen ahli, Guru
Matematika, dan siswa kelas VII SMP PAB 2 Helvetia. pengembangan RPP dan
LKPD Berbasis Problem Based Learning Materi Himpunan kelas VII SMP PAB
2 Helvetia T.P. 2017/2018. Model pengembangan RPP dan LKPD yang akan
digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model 4-D meliputi
pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan
penyebaran (disseminate). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar
Kerja Pesera Didik (LKPD) yang telah dibuat memenuhi kriteria kevalidan
berdasarkan penilaian validator yang ditunjuk dengan menggunakan lembar
validasi ahli. Hasil validasi RPP mencapai rata-rata 61,3 mempunyai kriteria
sangat baik. Dan hasil validasi LKPD mencapai rata-rata 44,3 mempunyai kriteria
sangat baik. Aspek kepraktisan berdasarkan hasil penelitian siswa memenuhi
kriteria baik sedangkan Aspek kepraktisan berdasarkan hasil penelitian guru
memenuhi kriteria sangat baik. Sementara itu, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) dan Lembar Kerja Pesera Didik (LKPD) memenuhi keriteria keefektifan
ditunjuk dengan adanya hasil belajar siswa yang berupa tercapainya keriteria
ketuntasan belajar siswa. Untuk mengukur keefektifan RPP dan LKPD yang
dikembangkan digunakan Tes Hasil Belajar yang ditinjau dari hasil belajar siswa.
Tes hasil belajar dilakukan setelah siswa belajar menggunakan produk yang
dikembangkan. Tes tertulis ini terdiri dari 10 soal pilihan ganda dan 3 soal uraian.
Dari hasil Analisis THB diketahui presentase ketuntasan klasikal kelas VII-1 SMP
PAB 2 Helvetia sebesar 81,25%. Berdasarkan hasil tersebut ketuntasan belajar
mencapai kriteria baik. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah
dilakukan, dapat disimpulkan RPP dan LKPD berbasis Problem Based Learning
(PBL) pada materi Himpunan untuk siswa SMP kelas VII layak untuk digunakan
ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan.