Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan keefektifan perangkat
pembelajaran yang dikembangkan berbasis model doscovery learning. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada
model Thiagarajan dan Semmel yaitu model 4-D yang dimodifikasi menjadi (tiga)
3-D (define, designdan develop). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 di
SMP Negeri 14 Kota Binjai. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar
penilaian RPP dan LKPD untuk mengukur kevalidan dan tes. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: kualitas kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi
kriteria valid berdasarkan skor rata-rata RPP yaitu 4,1 dari skor maksimal 5,00
dengan kriteria “Baik” dan skor rata-rata LKPD 4,2 dari skor maksimal 5,00
dengan kriteria “Baik”. Perangkat pembeajaran yang dikembangkan telah
memenuhi kriteria keefektifan dengan: a) ketercapaian indikator /ketuntasan tujun
pembelajaran telah tercapai untuk setiap indikator pada tes uji coba, b) waktu
pembelajaran tidak melebihi pembelajaran biasa yaitu waktu sama dengan
pembelajaran biasa pada uji coba.