Research Repository

Pengaruh Strategi Pembelajaran Means Ends Analysis terhadap kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa SMP PAB 2 Helvetia T.P 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Pratiwi, Linda
dc.date.accessioned 2020-11-11T05:05:14Z
dc.date.available 2020-11-11T05:05:14Z
dc.date.issued 2018-03-18
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10255
dc.description.abstract Strategi pembelajaran Means Ends Analysis merupakan strategi yang memisahkan permasalahan yang diketahui (problem state) dan tujuan yang akan dicapai (goal state) yang kemudian dilanjutkan dengan melakukan berbagai cara untuk mereduksi perbedaan yang ada diantara permasalahan dan tujuan. Rumusan masalah dalam peelitian ini adalah apakah ada pengaruh strategi pembelajaran Means Ends Analysis dan berapa persen pengaruh strategi pembelajaran Means Ends Analysis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi keliling dan lingkaran siswa kelas VIII SMP PAB 2 Helvetia T.P 2017/2018. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh strategi pembelajaran Means Ends Analysis dan untuk mengetahui berapa persen pengaruh strategi pembelajaran Means Ends Analysis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi keliling dan luas lingkaran siswa kelas VIII SMP PAB 2 Helvetia T.P 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP PAB 2 Helvetia, sedangkan yang menjadi sampelnya adalah kelas VIII-1 diajarkan menggunakan strategi pembelajaran Means Ends Analysis yang berjumlah 40 siswa dan VIII-2 diajarkan menggunakan pembelajaran konvensional yang berjumlah 40 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berbentuk essay yang telah divalidkan dari 10 soal adalah 5 soal pre test dan 5 soal post test. Teknik analisismo data menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian dengan menggunakan uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh harga thitung (4,11) setelah dibandingkan dengan ttabel (1,99), ternyata thitung (4,11) > ttabel (1,99) sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini berarti ada pengaruh antara strategi pembelajaran Means Ends Analysis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa SMP PAB 2 Helvetia T.P 2017/2018 dengan pengaruh 15,56%. en_US
dc.subject Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Strategi Pembelajaran en_US
dc.subject Means Ends Analysis. en_US
dc.title Pengaruh Strategi Pembelajaran Means Ends Analysis terhadap kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa SMP PAB 2 Helvetia T.P 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account