Research Repository

Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMP Swasta Al-Hikmah Medan T.P 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Ramadhani, Safitri
dc.date.accessioned 2020-11-11T05:02:20Z
dc.date.available 2020-11-11T05:02:20Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10254
dc.description.abstract efektivitas pendekatan open-ended terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa SMP tersebut. Yang bertujuan untuk mengetahui adanya efektivitas pendekatan Open-Ended terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP Swasta Al Hikmah Medan T.P 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Al Hikmah Medan dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-3 dan kelas VII-4 sebanyak 76 orang. Kelas VII-3 menggunakan pendekatan Open-Ended dan kelas VII-4 menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen komparatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis yaitu uji kesamaan dua rerata pada data pretest, postest dan N-Gain dengan menggunakan sofware SPSS 23. Pada uji hipotesis kesamaan dua rerata data pretest diperoleh ( ) , sehingga diterima dan ditolak, artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada data pretest . Pada uji hipotesis kesamaan dua rerata data posttest diperoleh ( ) , sehingga ditolak dan diterima, artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada data posttest. Pada uji hipotesis kesamaan dua rerata data Ngain diperoleh ( ) , sehingga ditolak dan diterima, diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dengan pendekatan Open-Ended pada materi segitiga dan segiempat lebih baik sehingga pembelajaran dengan pendekatan Open-Ended lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional pada materi segitiga dan segiempat en_US
dc.subject Pendekatan Open-ended en_US
dc.title Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMP Swasta Al-Hikmah Medan T.P 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account