Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah keterampilan dan
hasil belajar matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 57 Medan ?. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah keterampilan dan hasil belajar
matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 57 Medan. Subyek dari penelitian
tindakan kelas ini adalah siswa kelas VII-C SMP Muhammadiyah 57 Medan yang
berjumlah 25 siswa, yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan.
Dan objek penelitian ini adalah penerapan Model Pembelajaran Picture and
Picture untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Matematika Siswa SMP
Muhammadiyah 57 Medan T.P 2017/2018. Dari hasil penelitian dapat dilihat
peningkatan keterampilan dan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan
persegi panjang dan jajargenjang pada pra siklus dengan nilai akhir 2,48 hanya
dengan kategori cukup, serta persentase ketuntasan hasil belajar 36%, dan pada
siklus I meningkat menjadi 2,64 serta persentase ketuntasan hasil belajar 60%, dan
pada siklus II meningkat menjadi 2,93 serta persentase ketuntasan hasil belajar
76%, dan pada siklus III meningkat menjadi 3,24 serta persentase ketuntasan hasil
belajar 88%. Dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa model
Picture and Picture dapat meningkatkan keterampilan belajar matematika siswa
kelas VII SMP Muhammadiyah 57 Medan T.P 2017/2018.