Research Repository

Keefektifan Model Pembelajaran Course Review Horay Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa SMP Tamansiswa T.P 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Surainy, Laily
dc.date.accessioned 2020-11-11T04:52:39Z
dc.date.available 2020-11-11T04:52:39Z
dc.date.issued 2018-04-18
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10245
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan model pembelajaran Course Review Horay efektif meningkatkan pemahaman konsep matematika di SMP Tamansiswa Medan 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Tamansiswa Medan yang berjumlah 72 siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-B berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-C berjumlah 22 siswa sebagai kelas kontrol. Untuk kelas eksperimen pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay , sedangkan kelas kontrol pembelajaran dengan menggunakan model konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah analisis kualitatif, yaitu melalui tes. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata kelas eksperimen pada pretest yaitu kemampuan belajar matematika siswa sebesar 32 dengan standart deviasi sebesar 14,14 dan kemampuan belajar matematika siswa pada postest yaitu sebesar 85,4 dengan standart deviasi sebesar 14,99. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis, diperoleh thitung = 2,9609. Selanjutnya harga thitung ini dibandingkan dengan harga ttabel = 1,67943. Dengan demikian dapat dikatakan thitung > ttabel yaitu 2,9609 > 1,67943 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Dari nilai gain ternormalisasi pada kelas eksperimen sebesar 79,6% tergolong tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Course Review Horay lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII-B SMP Tamansiswa Medan T.P 2016/2017 pada pokok bahasan Segiempat. en_US
dc.subject Model Pembelajaran Course Review Horay Dan Pemahaman Konsep Matematika en_US
dc.title Keefektifan Model Pembelajaran Course Review Horay Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa SMP Tamansiswa T.P 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account