Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar Matematika
siswa yang belajar menggunakan metode permainan akan lebih baik secara
signifikan daripada siswa yang belajar tidak menggunakan metode permainan.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan
rancangan Independent Sample t Test. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batang Kuis tahun pelajaran 2017/2018.
Sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling.
Sehingga dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII-6
dan kelas VII-7. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan pre test
post tes yang berfungsi untuk mengetahi nilai hasil belajar matematika siswa.
Hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan Hasil belajar Matematika siswa
kelas VII di SMP Negeri 1 Batang Kuis Tahun Pelajaran 2017/2018 antara
kelas yang belajar menggunakan Metode Permainan dengan kelas yang belajar
tidak menggunakan Metode Permainan. Hal ini dibuktikan dari nilai thitung
lebih besar daripada ttabel (thitung: 5,181> ttabel: 2,6574), sehingga dapat
dikatakan hasil Belajar matematika siswa yang belajar menggunakan metode
permainan lebih baik secara signifikan daripada siswa yang belajar tidak
menggunakan Metode Permainan