Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika
menggunakan Metode Pembelajaran Think Aloud Pair Problem Solving dapat
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMPS ISLAM
ANNUR PRIMA Medan T.P 2017/2018. Instrument penelitian yang digunakan
adalah adalah tes, dan observasi. Tes yang digunakan adalah tes tertulis berbentuk
uraian sebanyak 3 tes yang masing-masing terdiri dari 4 soal. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPS ISLAM ANNUR PRIMA MEDAN
yang berjumah 25 orang, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan
model pembelajaran Think Aloud Pair Problem Solving untuk Meningkatkan
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Dari hasi penelitian dapat
dilihat kemampuan pemecahan masalah matematika pada tes awal memperoleh
ketuntasan sebanyak 9 orang siswa (36%) dan sebanyak 16 orang siswa (64%),
siklus I memperoleh ketuntasan belajar sebanyak 15 orang siswa (60%) dan
sebanyak 10 orang siswa (40%) yang belum mencapai ketuntasan,pada
pelaksanaan siklus II memperoleh ketuntasan sebanyak 18 orang siswa (72%)
tuntas dan sebanyak 7 orang siswa (28%) yang belum mencapai ketuntasan.
Sedangkan pada pelaksanaan siklus III memperoleh ketuntasan sebanyak 25 orang
siswa (100%) tuntas dan tidak ada siswa (0%) yang belum mencapai ketuntasan.
Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa telah diterapkan pembelajaran
TAPPS mendapat hasil pada tes awal ke siklus I mengalami peningkatan sebesar
24 %, siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 42%, sedangakan pada
siklus II ke siklus III mengalami peningkatan sebesar 72%. Proses penerapan
pembelajaran TAPPS dilakukan sesuai dengan tahapan-tahapan pembelajaran
TAPPS. Respon siswa selama proses pembelajaran dengan pembelajaran TAPPS
adalah sangat baik. Meskipun terdapat kekurangan saat pelaksanaan siklus I,
namun peneliti melakukan perbaikan dalam melaksanakan aktifitas mengajar di
siklus II dan siklus III. Sehingga respon belajar siswa meningkat dari kategori
“baik” menjadi “sangat baik