Research Repository

Pengaruh kemandirian terhadap prestasi belaja matematika siswa sma muhammadiyah 02 medan t.p 20018/2019.

Show simple item record

dc.contributor.author Sandi, Kurnia
dc.date.accessioned 2020-11-11T04:44:57Z
dc.date.available 2020-11-11T04:44:57Z
dc.date.issued 2018-09-14
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10237
dc.description.abstract Observasi yang dilakukan di SMA Muhammadiyah 02 Medan kelas XI - MIA prestasi belajar Matematika masih rendah. Rendahnya prestasi belajar siswa tersebut diantaranya dipengaruhi oleh kemandirian. Hal ini ditunjukkan pada saat proses belajar berlangsung sebagian siswa tidak memperhatikan, membuat gaduh kelas. Sebagian besar siswa tidak membaca buku atau mengerjakan latihan soal yang ada dibuku kalau tidak diperintah guru. Siswa belum mempunyai tanggung jawab untuk belajar sendiri. Bahkan ada siswa yang tidak mengerjakan tugas meskipun sudah diperintah guru Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: ada tidaknya pengaruh yang singifikan antara kemandirian terhadap prestasi belajar Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemandirian terhadap prestasi belajar siswa kelas XI - MIA SMA Muhammadiyah 02 Medan dan seberapa besar pengaruh kemandirian terhadap prestasi belajar Matematika SMA Muhammadiyah 02 Medan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI - MIA SMA Muhammadiyah 02 Medan tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 65. Pengambilan sampel yaitu mengambil 80% dari total populasi. Dengan demikian, sampel penelitian ini sebanyak 45 siswa yang diambil secara cluster sampling. Ada dua variabel yang dikaji dlam penelitian, yaitu kemandirian sebagai variabel bebas dan prestasi belajar Matematika sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, dan tes. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan tehnik deskriptif persentase dan analisis linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian SMA Muhammadiyah 02 Medan dalam kategori masih rendah. Berdasarkan perhitungan diperoleh sebesar 55,294 dengan taraf signifikansi 0,000 yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara kemandirian terhadap prestasi belajar Matematika Kelas XI – MIA SMA Muhammadiyah 02 Medan. Besarnya pengaruh sebesar 76,6 % sedangkan 23,4 % dipengaruhi oleh faktor-faktor yang lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Berdasarkan penelitian di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan kemandirian terhadap prestasi belajar Matematika SMA Muhammadiyah 02 Medan en_US
dc.subject Kemandirian Belajar en_US
dc.subject Prestasi Belajar Matematika en_US
dc.subject Pengaruh en_US
dc.title Pengaruh kemandirian terhadap prestasi belaja matematika siswa sma muhammadiyah 02 medan t.p 20018/2019. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account