Abstract:
Observasi yang dilakukan di SMA Muhammadiyah 02 Medan kelas XI - MIA
prestasi belajar Matematika masih rendah. Rendahnya prestasi belajar siswa
tersebut diantaranya dipengaruhi oleh kemandirian. Hal ini ditunjukkan pada saat
proses belajar berlangsung sebagian siswa tidak memperhatikan, membuat gaduh
kelas. Sebagian besar siswa tidak membaca buku atau mengerjakan latihan soal
yang ada dibuku kalau tidak diperintah guru. Siswa belum mempunyai tanggung
jawab untuk belajar sendiri. Bahkan ada siswa yang tidak mengerjakan tugas
meskipun sudah diperintah guru
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: ada tidaknya pengaruh
yang singifikan antara kemandirian terhadap prestasi belajar Matematika.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemandirian
terhadap prestasi belajar siswa kelas XI - MIA SMA Muhammadiyah 02 Medan
dan seberapa besar pengaruh kemandirian terhadap prestasi belajar Matematika
SMA Muhammadiyah 02 Medan.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI - MIA SMA Muhammadiyah 02
Medan tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 65. Pengambilan sampel yaitu
mengambil 80% dari total populasi. Dengan demikian, sampel penelitian ini
sebanyak 45 siswa yang diambil secara cluster sampling. Ada dua variabel yang
dikaji dlam penelitian, yaitu kemandirian sebagai variabel bebas dan prestasi
belajar Matematika sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah angket, dan tes. Data yang dikumpulkan
dianalisis dengan tehnik deskriptif persentase dan analisis linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian SMA Muhammadiyah 02
Medan dalam kategori masih rendah. Berdasarkan perhitungan diperoleh sebesar
55,294 dengan taraf signifikansi 0,000 yang berarti ada pengaruh yang signifikan
antara kemandirian terhadap prestasi belajar Matematika Kelas XI – MIA SMA
Muhammadiyah 02 Medan. Besarnya pengaruh sebesar 76,6 % sedangkan 23,4 %
dipengaruhi oleh faktor-faktor yang lain yang tidak diteliti oleh peneliti.
Berdasarkan penelitian di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh
yang signifikan kemandirian terhadap prestasi belajar Matematika SMA
Muhammadiyah 02 Medan