Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan buku ajar berupa buku siswa dan buku guru
matematika materi aritmetika sosial untuk siswa kelas VII. Jenis penelitian yang
digunakan adalah Research and Development (R & D) dengan model pengembangan
ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu: (1) analisis (analysis), (2) perancangan (design),
(3) pengembangan (development), (4) implementasi (implementation), dan (5) evaluasi
(evaluation) yang dimodifikasi menjadi ADD terdiri dari 3 tahap, yaitu: (1) analisis
(analysis), (2) perancangan (design) , dan (3) pengembangan (development).
Produk penelitian ini berupa buku siswa dan buku guru matematika materi aritmetika
sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validasi ahli terhadap RPP dilihat dari
aspek kevalidan termasuk dalam kriteria baik dengan rata-rata skor 3,8; (2) validasi ahli
terhadap Buku Ajar dilihat dari aspek kevalidan termasuk dalam kriteria baik dengan
rata-rata skor 3,6; (3) validasi ahli terhadap THB dilihat dari sapek kevalidan termasuk
dalam kriteria baik dengan rata-rata skor 3,5; dan (4) hasil post test setelah diuji-cobakan
buku ajar pada uji coba kelas kecil terhadap peserta didik menunjukkan bahwa siswa ratarata
telah
mencapai
ketuntasan
secara
klasikal
sebesar
80%.