Research Repository

Penerapan Model Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Pada Siswa SMP Muhammadiyah 57 Modern T.P 2017/2018.

Show simple item record

dc.contributor.author Nisa, Khairun
dc.date.accessioned 2020-11-11T04:32:58Z
dc.date.available 2020-11-11T04:32:58Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10225
dc.description.abstract Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana keaktifan belajar matematika menggunakan model Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) pada siswa SMP Muhammadiyah 57 Modern T.P.2017/2018 ?. (2) Apakah belajar menggunakan model Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) dapat meningkatkan keaktifan belajar pada siswa SMP Muhammadiyah 57 Modern T.P.2017/2018?. Peneliti ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana keaktifan belajar matematika menggunakan model Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) pada siswa SMP Muhammadiyah 57 Modern T.P.2017/2018. (2) Untuk mengetahui apakah belajar menggunakan model Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) dapat meningkatkan keaktifan belajar pada siswa SMP Muhammadiyah 57 Modern T.P.2017/2018. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Data penelitian ini diperoleh melalui tes dan observasi dan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-C SMP Muhammadiyah 57 Modern T.P.2017/2018. Dengan jumlah siswa 26 orangyang terdiri dari 17 orang siswa Laki-laki dan 9 orang siswa Perempuan. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus mempunyai tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data peningkatan siswa yang diperoleh dilapangan ditulis dalam bentuk tabel dan diagram. Setelah data dianalisis diperoleh beberapa temuan yaitu tes awal menunjukan bahwa ketuntasan siswa mencapai 15.38% (4 siswa), siklus I mencapai 65.38% (17 siswa) dan terjadi peningkatan sebesar 50%, serta siklus II mencapai 88.46% (23 siswa) dan terjadi peningkatan sebesar 73.08%. Dengan demikian pada siklus II ketuntasan belajar siswa secara klasikal terpenuhi karena ≥ 75%. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) dapat meningkatkan keaktifan belajar pada siswa SMP Muhammadiyah 57 Modern T.P.2017/2018. en_US
dc.subject Keaktifan Belajar, en_US
dc.subject Model pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) en_US
dc.title Penerapan Model Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Pada Siswa SMP Muhammadiyah 57 Modern T.P 2017/2018. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account