Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana keaktifan belajar
matematika menggunakan model Somatic Auditory Visualization Intellectually
(SAVI) pada siswa SMP Muhammadiyah 57 Modern T.P.2017/2018 ?. (2) Apakah
belajar menggunakan model Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI)
dapat meningkatkan keaktifan belajar pada siswa SMP Muhammadiyah 57
Modern T.P.2017/2018?. Peneliti ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana
keaktifan belajar matematika menggunakan model Somatic Auditory Visualization
Intellectually (SAVI) pada siswa SMP Muhammadiyah 57 Modern T.P.2017/2018.
(2) Untuk mengetahui apakah belajar menggunakan model Somatic Auditory
Visualization Intellectually (SAVI) dapat meningkatkan keaktifan belajar pada
siswa SMP Muhammadiyah 57 Modern T.P.2017/2018. Jenis penelitian yang
dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Data penelitian ini diperoleh melalui
tes dan observasi dan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas
VII-C SMP Muhammadiyah 57 Modern T.P.2017/2018. Dengan jumlah siswa 26
orangyang terdiri dari 17 orang siswa Laki-laki dan 9 orang siswa Perempuan.
Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap
siklus mempunyai tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan
refleksi. Data peningkatan siswa yang diperoleh dilapangan ditulis dalam bentuk
tabel dan diagram. Setelah data dianalisis diperoleh beberapa temuan yaitu tes
awal menunjukan bahwa ketuntasan siswa mencapai 15.38% (4 siswa), siklus I
mencapai 65.38% (17 siswa) dan terjadi peningkatan sebesar 50%, serta siklus II
mencapai 88.46% (23 siswa) dan terjadi peningkatan sebesar 73.08%. Dengan
demikian pada siklus II ketuntasan belajar siswa secara klasikal terpenuhi karena
≥ 75%. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan
model pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) dapat
meningkatkan keaktifan belajar pada siswa SMP Muhammadiyah 57 Modern
T.P.2017/2018.