Research Repository

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII SMP Asuhan Jaya Pada Pokok Bahasan Segi Empat T.P 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.author Nasution, Indah Mahrany
dc.date.accessioned 2020-11-11T04:32:36Z
dc.date.available 2020-11-11T04:32:36Z
dc.date.issued 2019-10-04
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10223
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan Lembar Kerja Pesrta Didik (LKPD) matematika berbasis metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VII SMP Asuhan Jaya pada pokok bahasan segi empat yang berkualitas, 2) mengetahui kualitas LKPD matematika berbasis metode penemuan terbimbing yang layak digunakan dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan Segi Empat kelas VII SMP Asuhan Jaya, 3) mengetahui respon siswa terhadap LKPD berbasis metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VII pada pokok bahasan segi empat. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan model Borg and Gall yang telah dimodifikasi oleh Sugiyono. Pengembangan ini terdiri dari tujuh tahapHasil pengembangan ini berupa perangkat pembelajaran LKPD untuk siswa kelas VII. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa : 1) pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dilakukan dengan tahap : potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba terbatas dan penyempurnaan produk. 2) kualitas Perangkat Pembelajaran RPP dan LKPD yang dikembangkan sangat baik dengan persentase RPP 91,87% dan persentase untuk LKPD 94,44%. 3) Berdasarkan data yang diperoleh, respon siswa terhadap LKPD yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat positif dengan persentase 80,83%. Oleh karena itu, LKPD matematika berbasis metode penemuan terbimbing pada pokok bahasan segi empat ini telah layak digunakan dalam pembelajaran. en_US
dc.subject Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) en_US
dc.subject Metode Penemuan Terbimbing en_US
dc.subject Pemahaman Konsep en_US
dc.subject Segi Empat. en_US
dc.title Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII SMP Asuhan Jaya Pada Pokok Bahasan Segi Empat T.P 2019/2020 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account