Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan Lembar Kerja Pesrta Didik
(LKPD) matematika berbasis metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan
pemahaman konsep siswa kelas VII SMP Asuhan Jaya pada pokok bahasan segi
empat yang berkualitas, 2) mengetahui kualitas LKPD matematika berbasis metode
penemuan terbimbing yang layak digunakan dalam pembelajaran matematika pada
pokok bahasan Segi Empat kelas VII SMP Asuhan Jaya, 3) mengetahui respon
siswa terhadap LKPD berbasis metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan
pemahaman konsep siswa kelas VII pada pokok bahasan segi empat. Penelitian ini
merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan
model Borg and Gall yang telah dimodifikasi oleh Sugiyono. Pengembangan ini
terdiri dari tujuh tahapHasil pengembangan ini berupa perangkat pembelajaran
LKPD untuk siswa kelas VII. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa : 1)
pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dilakukan dengan tahap :
potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain,
perbaikan desain, uji coba terbatas dan penyempurnaan produk. 2) kualitas
Perangkat Pembelajaran RPP dan LKPD yang dikembangkan sangat baik dengan
persentase RPP 91,87% dan persentase untuk LKPD 94,44%. 3) Berdasarkan data
yang diperoleh, respon siswa terhadap LKPD yang dikembangkan termasuk dalam
kategori sangat positif dengan persentase 80,83%. Oleh karena itu, LKPD
matematika berbasis metode penemuan terbimbing pada pokok bahasan segi empat
ini telah layak digunakan dalam pembelajaran.