Abstract:
Penelitian ini untuk meningkatan kemampuan menyelesaikan matematika pada
siswa SMP Negeri 29 Medan melalui Learning Start With A Question dalam
materi Aritmatika. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek
penelitian adalah siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 29 Medan
yang berjumlah 29 siswa, terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan.
Objek penelitian adalah kemampuan menyelesaikan matematika matematika. Data
hasil penelitian diperoleh dari observasipemecahan masalah dan tes hasil belajar.
Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif
kualitatif. Adapun kriteria keberhasilan penelitian tersebut ditandai dengan
perolehan nilai rata-rata kelas ≥ 75 dan minimal 85% dari jumlah siswa mencapai
KKM (75). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Learning Start With
A Question dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan matematika siswa
kelas VII-5 SMP Negeri 29 Medan tahun pelajaran 2017/2018. Peningkatan
kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika ditunjukkan oleh hasil tes.
Pada pratindakan terdapat 10,34% (3 siswa) dari jumlah 29 siswa yang mencapai
KKM. Hasil tes pada siklus 1 menunjukkan ada 51,72% (15 siswa) dari jumlah
siswa yang mencapai KKM, sedangkan pada siklus 2 terdapat 75,86% (22 siswa)
dari jumlah siswa yang mencapai KKM. Nilai rata-rata sebelum siklus sebesar
54,50, sedangkan pada akhir siklus 1 nilai rata-rata tes sebesar 64,60, dan pada
akhir siklus 2 sebesar 85,72. Maka dapat disimpulkan bahwa tujuan penelitian
yang dilaksanakan telah mengalami keberhasilan. Dengan kata lain penerapan
teori belajar Polya dapat meningkatkan kemampuan dalam menyelesaikan soal
cerita matematika.