Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah model pembelajaran
Scripts efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa
SMP Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak T.P 2016/2017? Dan Bagaimana
peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP Tarbiyah
Islamiyah T.P 2016/2017?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Scripts
efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP
Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak T.P 2016/2017 dan untuk mengetahui
bagaimana peningkatan kemampuan pemecahan masalh siswa SMP Tarbiyah
Islamiyah T.P 2016/2017. Instrument dalam penelitian ini menggunakan
instrument tes. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP
Tarbiyah Islamiyah hamparan perak T.P 2016/2017. Sampel penelitian ini terdiri
dari satu kelas yaitu siswa kelas VIII B SMP Tarbiyah Islamiyah T.P 2016/2017.
Hipotesis dalam penelitian ini adalah model pembelajaran scripts efektif untuk
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa SMP
Tarbiyah Islamiyah T.P 2016/2017. Berdasarkan hasil penelitian didapat hipotesis
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menggunakan model scripts
menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa
“Model Pembelajaran Scripts efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa SMP Tarbiyah Islamiyah T.P 2016/2017”.