Abstract:
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta Bina Taruna Medan, yang
terletak di Kecamatan Medan Marelan. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis pengaruh model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read,
Recite, And Review) terhadap kemampuan berpikir kritis dan matematis siswa di
sekolah tersebut. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah
quasi eksperimen dengan desain posttest only control group desain yang
melibatkan 54 siswa sebagai sampel. Pengambilan sampel dilakukan dengan
menggunakan dua kelas VIII yang ada di sekolah tersebut yaitu yang terdiri atas
kelompok kontrol (ekspositori) dan kelompok eksperimen SQ3R (Survey,
Question, Read, Recite, And Review).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis
matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran SQ3R (Survey, Question,
Read, Recite, And Review) pada aspek Focus pada kelas eksperimen memliki
presentase lebih tinggi dari pada kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang
diajarkan dengan pembelajaran ekspositori. thitung = 3,544 ttabel = 2,00665 dan
thitung =3,544 > ttabel = 2,00665. Data tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran
SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, And Review) memiliki pengaruh terhadap
kemampuan berpikir kritis matematis siswa.