Abstract:
Penelitian pengembangan perangkat pembelajaran berbasis intuisi di SMK Negeri
1 Percut Sei Tuan ditujukan untuk mengetahui kelayakan perangkat yang
dikembangkan. Untuk mencapai tujuan tersebut telah dilakukan penelitian yang
diawali dengan penyusunan RPP, LKPD dan tes hasil belajar yang selanjutnya
dilakukan uji coba perangkat tersebut dalam pembelajaran. Penelitian
dilaksanakan pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan yang berjumlah
15 orang pada tahun ajaran 2017-2018. Model pengembangan perangkat yang
digunakan adalah model 4D, tetapi dalam penelitian ini hanya dibatasi sampai
tahap pengembangan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
menggunakan metode validasi. Data penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat
yang dikembangkan layak untuk digunakan sesuai dengan validasi perangkat oleh
pakar. Hasil yang diperoleh dari hasil validasi RPP sebesar 89,5% dengan katagori
sangat layak, Hasil yang diperoleh dari hasil validasi LKPD sebesar 86,6%
dengan katagori sangat layak, dan hasil validasi dari Tes sebesar 91,1% dengan
katagori sangat layak. Hasil analisis Tes hasil belajar siswa menunjukkan
presentase ketuntasan klasikal sebesar 85,8% yang memiliki kriteria tuntas