Research Repository

“Penerapan Metode Pembelajaran Scaffolding Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 4 Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Rahmadita, Dwi Sekar
dc.date.accessioned 2020-11-11T04:19:17Z
dc.date.available 2020-11-11T04:19:17Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10210
dc.description.abstract enis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan metode pembelajaran Scaffolding dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII-2 SMP Negeri 4 Percut Sei Tuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi. Tes yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk tes uraian sebanyak 3 tes yang terdiri dari 10 butir soal untuk tes awal, 10 butir soal untuk tes siklus I, 10 butir soal untuk tes siklus II. Sementara observasi dilakukan dengan melihat motivasi belajar siswa . sabjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 SMP Negeri 4 Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 25 orang siswa, sedangkan objek dalam penelitian adalah dengan menerapkan metode pembelajaran Scaffolding untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian dapat dilihat peningkatan hasil belajar yaitu ketuntasan belajar dengan menggunakan metode pembelajaran Scaffolding padoranga tes awal hanya 5 orang siswa (20%) yang tuntas 20 orang siswa (80%) yang belum tuntas. Pada sisklus I jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 15 orang siswa (60%) yang tuntas sedangkan 10 orang siswa (40%) belum tuntas. Kemudian pada siklus II meningkat menjadi 22 orang siswa (88%) yang tuntas sedangkan 3 siswa (12%) belum tuntas. Hal tersebut berarti bahwa penelitian ini berhasil, karena telah mencapai indikator keberhasilan penelitian yaitu sebesar 75%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran Scaffolding dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi aritmatika sosial. en_US
dc.subject Metode Pembelajaran Scaffolding en_US
dc.subject Hasil Belajar Matematika en_US
dc.title “Penerapan Metode Pembelajaran Scaffolding Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 4 Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account