Abstract:
enis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan
dalam dua siklus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan
menerapkan metode pembelajaran Scaffolding dapat meningkatkan hasil belajar
matematika siswa kelas VII-2 SMP Negeri 4 Percut Sei Tuan. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi. Tes yang digunakan adalah
tes tertulis dalam bentuk tes uraian sebanyak 3 tes yang terdiri dari 10 butir soal
untuk tes awal, 10 butir soal untuk tes siklus I, 10 butir soal untuk tes siklus II.
Sementara observasi dilakukan dengan melihat motivasi belajar siswa . sabjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 SMP Negeri 4 Percut Sei Tuan
Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 25 orang siswa, sedangkan objek
dalam penelitian adalah dengan menerapkan metode pembelajaran Scaffolding
untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian dapat dilihat
peningkatan hasil belajar yaitu ketuntasan belajar dengan menggunakan metode
pembelajaran Scaffolding padoranga tes awal hanya 5 orang siswa (20%) yang
tuntas 20 orang siswa (80%) yang belum tuntas. Pada sisklus I jumlah siswa yang
tuntas meningkat menjadi 15 orang siswa (60%) yang tuntas sedangkan 10 orang
siswa (40%) belum tuntas. Kemudian pada siklus II meningkat menjadi 22 orang
siswa (88%) yang tuntas sedangkan 3 siswa (12%) belum tuntas. Hal tersebut
berarti bahwa penelitian ini berhasil, karena telah mencapai indikator keberhasilan
penelitian yaitu sebesar 75%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran dengan model pembelajaran Scaffolding dapat meningkatkan hasil
belajar matematika materi aritmatika sosial.