Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan RPP dan LKPD berbasis
model pembelajaran Think Talk Write pada materi lingkaran untuk SMP kelas
VIII. Selain itu, penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui langkah – langkah
pengembangan serta kevalidan dan keefektifan RPP dan LKPD yang dihasilkan
Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Produk yang
dikembangkan berupa RPP dan LKPD matematika pada materi lingkaran untuk
SMP kelas VIII dengan model pembelajaranThink Talk Write. Penelitian
pengembangan ini dirancang dengan mengikuti tahap-tahap model pengembangan
4D, yaitu tahap define, design, develop dan disseminate. Akan tetapi tahap
disseminate belum dilakukan karena terkendala waktu. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini adalah lembar penilaian RPP dan LKPD untuk dosen ahli dan
guru matematika untuk aspek kevalidan dan soal tes hasil belajar berupa 6 soal
berbentuk uraian untuk aspek keefektifan.
Hasil penelitian menunjukkan kualitasproduk yang dikembangkan layak
berdasarkan aspek kevalidan RPP memenuhi kriteria sangat valid dengan skor
penilaian validator adalah 88 dan LKPD memenuhi kriteria sangat valid dengan
skor penilaian validator 84 dan validasi THB menunjukkan kriteria sangat valid
dengan skor 82. Sementaraitu, untuk aspek keefektifan berdasarkan persentase
ketuntasan belajara dalah 76%, sehingga produk yang dihasilkan efektif
digunakan.