Abstract:
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk Lembar
Kerja Peserta Didik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Heads
Together Berbasis Outdoor Study yang layak di gunakan. Penelitian
pengembangan (Research and Development) ini menggunakan model 4D, yaitu
define, design, develop, dan disseminate. Namun dimodifikasi menjadi 3D yaitu
define, design, develop.Tahap define merupakan tahap awal untuk mendefinisikan
permasalahan. Tahap design dilakukan perancangan perangkat pembelajaran
berupa Lembar Kerja Peserta Didik dan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran
serta instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi, Rancangan
Pelaksanaan Pembelajaran dan Tes. Tahap develop dilakukan dengan validasi
instrumen kepada validator ahli dan validator praktisi, uji operasional terbatas,dan
uji operasional. Hasil dari penelitian ini adalah (1) dihasilkan Lembar Kerja
Peserta Didik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Heads
Together Berbasis Outdoor Study yang layak digunakan di SMP Negeri 2
Labuhan Deli pada materi Aritmatika sosial, berdasarkan hasil penilaian validator
Lembar Kerja Peserta Didik dengan dengan rata-rata 4,3 yaitu katagori Sangat
baik atau 87,3% katagori sangat layak.