Abstract:
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengahasilkan produk Lembar Kerja
Peserta Didik (LKPD), dan mengetahui efektifitas penggunaan LKPD berbasis Think
Talk Write (TTW), meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pendekatan penelitian ini
adalah penelitian pengembangan (Reseach and Development) desain Borg and Gall.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Lembar penilaian LKPD untuk
ahli materi dan media, angket respon siswa dan guru dan tes hasil belajar siswa. Subjek
ujicoba dalam penelitian ini adalah 15 siswa di SMA MUHAMMADIYAH 18
SUNGGAL.Hasil penelitian ini yaitu LKPD matematika berbasis Think Talk Write
(TTW) Pada materi komposisi fungsi untuk siswa SMA kelas XI yang memiliki kualitas
valid, praktis dan efektif. Berdasarkan hasil penilaian oleh ahli materi dan ahli media
mendapatkan skor rata-rata 4,1 dengan kriteria “baik” sehingga LKPD dinyatakan valid.
Berdasarkan hasil angket respon siswa mendapatkan skor rata-rata 3,99 dengan kriteria
“baik” dan hasil angket respon guru mendapatkan skor rata-rata 4,2 dengan kriteria
“sangat baik”, sehingga LKPD dinyatakan praktis. Berdasarkan dari hasil tes belajar
siswa diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 93% dengan kriteria
“sangat baik” sehingga LKPD dinyatakan efektif.