Research Repository

Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika berdasarkan Prosedur Newman di SMP Muhammadiyah 02 Medan T.P 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Siregar, Dwina Purnamasari
dc.date.accessioned 2020-11-11T04:10:28Z
dc.date.available 2020-11-11T04:10:28Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10201
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan siswa dan penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan prosedur Newman di SMP Muhammadiyah Medan 02 T.P 2017/2018 berdasarkan prosedur Newman. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes tertulis dan wawancara . Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 02 Medan yang berjumlah 24 siswa. Hasil penelitian menunjukkan persentase kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika terkait materi persegi panjang dan persegi berdasarkan prosedur Newman adalah: (a) persentase kesalahan membaca yang dilakukan siswa sebesar 13.5%, (b) persentase kesalahan memahami sebesar 44.8%, (c) persentase kesalahan transformasi sebesar 57.3%, (d) persentase kesalahan keterampilan proses sebesar 56.3%, dan (e) persentase kesalahan penulisan jawaban akhir sebesar 79.2%. Persentase kesalahan total siswa adalah 50.2%. Adapun penyebab kesalahan siswa meliputi tergesa-gesa dalam membaca soal serta kurangnya pengetahuan tentang simbolsimbol yang terdapat dalam soal-soal matematika, tidak memiliki kemampuan menuliskan hal yang diketahui dan hal yang ditanyakan dalam soal dengan benar, tidak menguasai materi persegi panjang dan persegi, kurang berlatih mengerjakan soal-soal latihan terkait materi persegi panjang dan persegi, tidak paham dengan rumus yang seharusnya digunakan, tidak teliti dalam melakukan proses perhitungan, asal-asalan mengerjakan soal, akibat dari kesalahan sebelumnya, ketidakmampuan penentuan satuan, tidak terbiasa menuliskan kesimpulan , terburu-buru dalam mengerjakan proses penyelesaian. en_US
dc.subject Analisis kesalahan en_US
dc.subject Prosedur Newman en_US
dc.title Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika berdasarkan Prosedur Newman di SMP Muhammadiyah 02 Medan T.P 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account