Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan siswa dan
penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika
berdasarkan prosedur Newman di SMP Muhammadiyah Medan 02 T.P 2017/2018
berdasarkan prosedur Newman. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.
Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes tertulis dan wawancara .
Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 02 Medan
yang berjumlah 24 siswa. Hasil penelitian menunjukkan persentase kesalahan
yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika terkait materi persegi
panjang dan persegi berdasarkan prosedur Newman adalah: (a) persentase
kesalahan membaca yang dilakukan siswa sebesar 13.5%, (b) persentase
kesalahan memahami sebesar 44.8%, (c) persentase kesalahan transformasi
sebesar 57.3%, (d) persentase kesalahan keterampilan proses sebesar 56.3%, dan
(e) persentase kesalahan penulisan jawaban akhir sebesar 79.2%. Persentase
kesalahan total siswa adalah 50.2%. Adapun penyebab kesalahan siswa meliputi
tergesa-gesa dalam membaca soal serta kurangnya pengetahuan tentang simbolsimbol
yang terdapat dalam soal-soal matematika, tidak memiliki kemampuan
menuliskan hal yang diketahui dan hal yang ditanyakan dalam soal dengan benar,
tidak menguasai materi persegi panjang dan persegi, kurang berlatih mengerjakan
soal-soal latihan terkait materi persegi panjang dan persegi, tidak paham dengan
rumus yang seharusnya digunakan, tidak teliti dalam melakukan proses
perhitungan, asal-asalan mengerjakan soal, akibat dari kesalahan sebelumnya,
ketidakmampuan penentuan satuan, tidak terbiasa menuliskan kesimpulan ,
terburu-buru dalam mengerjakan proses penyelesaian.