Abstract:
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
bagaimana hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Pair Cheks pada
pokok bahasan aritmatika sosial di kelas VII SMP Dan bagaimana penggunan
model pembelajaran pair chkes dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada
pokok bahasan aritmatika sosial di kelas VII SMP. Penelitian ini bertujuan
untuk memproleh gambaran tentang hasil belajar siswa pada mata pelajaran
matematika pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel di kelas VIII
SMP dengan model pembelajaran Pair Cheks. Jenis penelitian yang di lakukan
adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Instrumen yang digunakan adalah
berupa tes dan observasi. Subjek penelitian siswa kelas VII – 1 SMP NEGERI
4 PERCUT SEI TUAN T.P 2017 / 2018 yang berjumlah 37 orang. Dan objek
penelitiannya adalah penggunaan model pembelajaran pair cheks untuk
meningkatkan hasil belajar siswa SMP NEGERI 4 PERCUT SEI TUAN T.P
2017 / 2018 . Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dapat
meningkat dengan menggunakan model pembelajaran pair cheks. Pada siklus I
di peroleh persentasi hasil belajar siswa 51,37 % dan di peroleh rata- rata
aktivitas belajar siswa sebesar 2,2 dalam kategori cukup, pada siklus ke II di
peroleh hasil ketuntasan hasil belajar siswa 86,49% dan di peroleh rata- rata
aktivitas belajar siswa sebesar 2,7 dengan kategori baik. Berdasarkan hasil
penelitian dapat di simpulkan bahwa dengan menggunakan model
pembelajaran pair cheks dalam meningkatkan hasil belajar siswa dapat
meningkat