Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model Think Pair Square
yang valid, efektif dan praktis yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika
siswa SMAS Persiapan Stabat T.P 2017/2018. Penelitian dilaksanakaan di SMA
Persiapan Stabat yang beralamat di Jalan HIB Tembeleng Stabat. Populasi pada
penelitian adalah seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari dua kelas yang
berjumlah 56 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu random sampling
sehingga ditetapkan sampel yang digunakan adalah kelas XI MIA-1 yang
berjumlah 28 siswa . Instrumen penelitian menggunakan tes tertulis berbentuk
uraian yang berjumlah 5 item yang diambil dari buku siswa. Dari hasil analisis
data tes tanpa menggunakan model Think Pair Square diperoleh mean 63,10 dan
standar deviasi 10,850. Sedangkan untuk data tes yang menggunakan model Think
Pair Square diperoleh mean 77,43 dan standar deviasi 10,105. Penelitian
menggunakan uji liliefors untuk mengetahui normalitas data hasil belajar.
Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji t dengan dk = n1 – 1 dan dk = n2 –
1 pada α = 0,05. Dari data perhitungan hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,803
> 2,005, yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa ada peningkatan menggunakan model Think Pair Square
terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas XI SMAS Persiapan Stabat
T.P 2017/2018.