Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan representasi matematika
dikelas VIII-1 SMP Swasta Rakyat Sei Glugur yang belum tertangani dengan baik
akibatnya kemampuan representasi matematika siswa rendah. Oleh karena itu
guru harus menentukan pendekatan pembelajaran yang tepat sehingga dapat
mempermudah siswa meningkatkan kemampuan representasi matematikanya.
Salah satu pendekatan yang dapat dilakukan adalah dengan mengimplementasikan
Pendekatan Pembelajaran Kontekstual. Jenis penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan representasi
matematika siswa melalui implementasi Pendekatan Pembelajaran Kontekstual
pada materi Lingkaran di kelas VIII-1 SMP Swasta Rakyat Sei Glugur.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Swasta Rakyat Sei
Glugur T.P 2017/2018 yang berjumlah 25 orang. Objek penelitian ini adalah
kemampuan representasi matematika siswa dengan menerapkan pendekatan
pembelajaran kontekstual pada materi lingkaran.Berdasarkan analisis data setelah
pemberian tindakan pada siklus 1 melalui pemberian tes kemampuan representasi
matematika 1 diperoleh 13 siswa (52%) yang telah mencapai ketuntasan belajar
(kategori kemampuan minimal sedang). Pada tindakan II mengalami peningkatan
dimana untuk kemampuan representasi matematika II diperoleh 24 siswa (96%)
telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya > 70). Berdasarkan uraian-uraian
diatas disimpilkan bahwa penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dapat
meningkatkan kemampuan representasi matematika siswa pada materi lingkaran
dikelas VIII-1 SMP Swasta Rakyat Sei Glugur T.P 2017/2018