Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran
berupa RPP, bahan ajar (modul), LKPD, media pembelajaran dan perangkat
penilaian dengan menggunakan model Snowball Throwing pada siswa SMP
Negeri 2 Labuhan Deli. Kualitas produk yang dikembangkan dinilai berdasarkan
aspek kevalidan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian
pengembangan yang dilakukan di SMP Negeri 2 Labuhan Deli. Subjek dalam
penelitian ini adalah 12 siswa kelas VIII-A SMP Negeri 2 Labuhan Deli.
Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah perangkat pembelajaran yaitu
RPP, bahan ajar (modul), LKPD, media pembelajaran dan perangkat penilaian.
Proses pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan
model Thiagarajan 4-D (define, design, development dan disseminate) yang
dimodifikasi sampai tahap development.Dari hasil penelitian tersebut diperoleh
hasil kevalidan RPP sebesar 4,32 kevalidan bahan ajar sebesar 4,36 kevalidan
LKPD sebesar 4,36 kevalidan Media Pembelajaran sebesar 4,39 dan kevalidan
Perangkat Penilaian sebesar 4,375 yang berarti perangkat tersebut telah valid dan
layak digunakan